Naniura, Makanan Ikan Khas Tapanuli 

Naniura dan Arsik adalah makanan ikan khas Tapanuli yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Keduanya menggunakan ikan mas.

Bedanya Naniura dan Arsik

Bedanya, arsik dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Sementara Naniura tidak direbus, digoreng, atau metode apapun yang menggunakan api.

Ikan mas – ikan yang umum digunakan — “dimasak” oleh asam yang dihasilkan oleh buah jeruk. Setelah dilumuri, ikan direndam dalam jeruk itu selama enam jam atau lebih.

Keasaman yang bersifat antimikroba ini yang akan mematangkan ikan dan siap untuk dikonsumsi. Naniura disajikan dingin, dan harus disimpan di lemari es untuk menjaga kesegarannya.

Utte Jungga – Bahan Wajib Tak Tergantikan  

Bintang utama masakan ini adalah asam jungga atau sering disebut Utte Jungga atau Jeruk Jungga (sejenis jeruk purut yang berasal Sumatera Utara).

Jeruk ini adalah bahan wajib yang tidak bisa diganti dengan bahan lain termasuk jeruk nipis, jeruk lemon atau jeruk lainnya. Kalau nekat memakai jeruk selain utte Jungga, kami jamin cita rasa Naniura bikinan Anda akan tidak karuan.

Asam jungga ini sulit atau jarang ditemukan di pasar tradisional umumnya, termasuk supermarket. Yang sudah pasti, dia bisa ditemukan di toko-toko bumbu masakan Batak seperti Pasar Senen.

Harga satu buahnya lumayan, bisa mencapai Rp 7000 hingga Rp 8000 rupiah untuk jeruk yang ukuran agak besar. Meski tergolong mahal, cita rasa yang diciptakan memang tidak ada duanya.

utte-jungga-1
Asam Jungga atau Utte Jungga, bahan wajib tak tergantikan dalam membuat Naniura.

 

andaliman
Andaliman — merica yang menimbulkan rasa getir atau kebas di lidah.

Bahan utama Naniura lain yang juga memberikan rasa khas adalah Andaliman. Disebut merica-nya orang Batak, Andaliman yang memiliki aroma jeruk memberikan rasa menggigit dan getir di lidah.

Di China disebut Sichuan pepper dan di Jepang dikenal dengan sansho. Masyarakat Pegunungan Himalaya juga menggunakan andaliman untuk bumbu masak ikan/daging dan pengobatan herbal. Andaliman juga banyak dijual di toko-toko rempah masakan Batak.

BACA JUGA : Pesan dokter Tan: Ikan Jangan digoreng!

Selain itu, bumbu pendukung yang diperlukan mudah ditemui seperti:

  • Bawang merah.
  • Bawang putih.
  • Kemiri.
  • Kunyit.
  • Lada.
  • Lengkuas.
  • Cabai.

Ada juga yang menambahkan kecombrang, yang lebih dikenal sebagai rias oleh orang Batak.

  • Nah, tertarik ingin membuat?

Coba lihat cara memasaknya dari video di bawah ini